Search This Blog

Tuesday, October 7, 2014

Pengaruh Budaya Asing di Indonesia (Era Globalisasi)



   
       Era globalisasi dan informasi yang sedang berkembang begitu cepat merasuk dan banyak mempengaruhi sikap serta mental masyarakat terutama di kalangan anak muda. Pengaruh globalisasi terhadap anak muda juga begitu kuat. Pengaruh globalisasi tersebut telah membuat banyak anak muda kita kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia.
     Pesatnya perkembangan teknologi informasi selain berdampak positif bagi masyarakat terutama anak muda, dampak negatif pun berkembang dengan pesatnya. Media-media informasi baik cetak, elektronik maupun internet ikut berperan dalam merubah cara berpikir dan perilaku mereka. Tayangan-tayangan yang disuguhkan sudah melenceng jauh dari kaida-kaidah agama dan moral. .Hal ini ditunjukkan dengan gejala- gejala yang muncul dalam kehidupan sehari-hari anak muda sekarang.
     Bangsa Indonesia dalam mengikuti arus globalisasi terkadang dapat melunturkan jati diri bangsa yang begitu kental dengan kesopanan dan budaya timur. Kebudayaan asing yang masuk akibat era globalisasi ke Indonesia turut mengubah perilaku dan kebudayaan Indonesia, baik itu kebudayaan nasional maupun kebudayaan murni yang ada di setiap daerah di Indonesia
        Berikut beberapa dampak negatif akibat era globalisasi di Indonesia :
  1. Berubahnya arah Ideologi Pancasila ke Ideologi Liberalisme
  2. Hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri
  3. Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial
  4. Sikap individualistik
  5. Pola hidup konsumtif
  6. Hilangnya budaya-budaya Indonesia 
       Namun,efek dari era globalisasi tidak hanya berdampak negatif terhadap bangsa Indonesia. Karena dari era globalisasi tersebut kita bisa mendapatkan berbagai pengetahuan baru dalam hal apapun. Sehingga kita tidak tertinggal oleh kemajuan jaman, dan kita pun akan lebih kreatif untuk memajukan bangsa Indonesia.

       Berikut beberapa dampak positif akibat era globalisasi di Indonesia :
  1. Modernisasi yang berdampak pada kemajuan pembangunan
  2. Kemajuan teknologi
  3. Perubahan dan peningkatan pada perekonomian bangsa
  4. Berkembangna ilmu pengetahuan dan teknologi
       Oleh karena itu, kita tidak harus takut akan era globalisasi, karena pada dasarnya era globalisasi sangat bermanfaat. Tergantung bagaimana kita memilah mana yang berdampak positif atau negatif terhadap diri kita dan bangsa kita. Dan kitapun harus tetap melestarikan budaya yang kita miliki, jangan sampai kita mengikuti budaya luar, tapi malah melupakan budaya bangsa sendiri bahkan sampai direbut oleh bangsa lain.

 Semoga bermanfaat!!!




No comments:

Post a Comment